Senin, 05 Januari 2009

JANGAN MENJADI MAHASISWA PASIF, JADILAH MAHASISWA AKTIF


Salam generasi muda !

Dalam tulisan ini, gw akan memaparkan mengenai kepasifan mahasiswa akan kegiatan yang diadakan oleh kampus ataupun kepasifan mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan akademik.

Dalam hal ini, gw sebagai mahasiswa menilai bahwa mahasiswa zaman sekarang tidak ada kesadaran untuk melangkah lebih terdepan oleh berpacunya waktu. Mereka hanya menerima informasi tetapi tidak dikaji lebih dalam informasi yang didapat dari perkuliahan. Hanya ada sebagian mahasiswa yang mempunyai pemikiran kritis yang mengkaji ulang informasi yang diperoleh.

Sangat disayangkan bahwa mahasiswa tidak berperan serta dalam keaktifan yang diadakan oleh kampus (perkuliahan dan kegiatan lainnya). Hal ini dapat merugikan bagi mahasiswa yang hanya pasif, menerima apapun tanpa adanya interaktif. Kerugian yang diperoleh adalah :

• Mahasiswa tidak akan mendapatkan informasi secara komprehensif

• Mahasiswa tidak memperoleh relasi untuk masa depannya

• Mahasiswa tidak akan mendapatkan pengalaman

• Mahasiswa akan menjadi lebih tertutup akan dunia kampus atau bahkan dunia luar nantinya

Penulis merupakan salah satu mahasiswa yang aktif dalam kegiatan organisasi kampus. Perlu digaris bawahi, bahwa gw bukan aktif dalam organisasi kampus yang bergerak dalam bidang politik tetapi organisasi gw adalah bergerak dalam membantu mahasiswa dalam akademik perkuliahan, bisa dikatakan politik manajemen.

Yang ingin gw jabarkan ada 2 (dua) lingkup mengenai kepasifan mahasiswa.

1. Pasifnya mahasiswa dalam perkuliahan

Perkuliahan kerap kali mengundang pandangan mahasiswa bahwa kuliah hanya untuk ajang gaya-gayaan. Mereka datang, duduk, dengar dosen menerangkan dan pulang.

Jika gw simpulkan, mahasiswa tidak aktif dalam kelas disebabkan oleh mahasiswa itu sendiri dan berasal dari dosennya.

Mahasiswa yang sadar bahwa mereka adalah seorang mahasiswa, mereka menuntut ilmu di perguruan tinggi adalah untuk bekal mereka nanti. Dan mereka inilah yang dalam kelasnya aktif. Aktif bertanya, mengkaji ilmu yang diperoleh dari dosen dan terus mencari ilmu yang berhubungan dengan pilihan yang diambilnya.

Sedangkan penyebab yang berasal dari dosennya adalah terletak pada kenyamanan dosen dalam mengajar. Tak kenal maka tak sayang. Istilah yang mungkin tepat untuk mambangkitkan semangat antara mahasiswa dengan dosen. Mahasiswa tidak aktif dalam kelas disebabkan karena :

• Dosen kurang semangat mengajar

• Dosen tidak mengenal kemampuan dan pribadi mahasiswa

• Kurang tegasnya dosen menangani mahasiswa

Bila hal ini dibiarkan terus menerus maka mau jadi apa mahasiswa kelak, yang hanya menerima begitu saja informasi yang didapat dari dosen ?

2. Pasifnya mahasiswa dalam kegiatan kampus

Kegiatan kampus yang gw maksud adalah seperti seminar, workshop, aktif dalam organisasi, hiburan, dll. Kegiatan yang seperti ini amat sangat disayangkan jikalau dilewatkan. Kegiatan tersebut sangatlah membantu mereka untuk mendapatkan informasi yang bukan hanya sekedar dari kelas saja melainkan dari berbagai nara sumber yang menjadi salah satu partisipan kegiatan kampus.

Gw geram kepada mahasiswa yang pasif merespon adanya kegiatan kampus, misalnya terselenggaranya seminar, kompetisi, dll. Mahasiswa yang pasif cenderung harus "digertak/diancam" oleh dosen untuk mengikuti acara tersebut, yang ujung-ujungnya bermuara dengan nilai mahasiswa. Padahal acara itu sangatlah berguna dan dapat mengetahui sejauh mana kemampuan mahasiswa dalam mengimplemantasi ilmu yang didapatnya.

Gw berpendapat bahwa mahasiswa yang pasif, tidak menghargai pada orang-orang yang telah mengeluarkan ide serta melaksanakan acara kampus tersebut. Mahasiswa yang aktif itu ingin mengajak mahasiswa yang pasif agar menjadi aktif. Tetapi ternyata, itu tidak membuahkan hasil.

Sekarang, marilah kita semua mahasiswa.....janganlah menjadi mahasiswa pasif. Jadilah mahasiswa yang aktif.

Ditulis oleh Nia Leniawati


2 komentar:

  1. PLIZZZZ DECH !!! AKTIF KAYA VIRUZZZ AZZZA !!!

    BalasHapus
  2. kalau boleh comment, yang di maksudkan sama mbak bagus, cuma tolong fahami jika tidak semua orang yang tidak aktif di organisasi itu bukan berarti cuek tapi memang tidak tertarik di organisasi saya pribadi pernah ikut mencoba aktif di organisasi namun sebenarnya tidak sesuai dengan hati saya sehingga membuat konsentrasi saya terbagi dan kuliah saya sempat terhenti, banyak juga dari teman teman saya yang memang tidak tertarik di organisasi, bagi mereka lulus tepat waktu akan menjadi kesaksian hidup yang baik,kalau boleh memilih saya mendingan jadi mahasiswa biasa saja yang tidak aktif di organisasi namun dapat menjadi berkat bagi orang lain, tanpa mengganggu mereka yang memang aktif di organisasi.

    BalasHapus

Tolong komentarnya, WAJIB !!!