Senin, 29 Desember 2008

ANTISIPASI NOTEBOOK DARI GUNCANGAN


Dibandingkan dengan komputer biasa, notebook menjadi favorit banyak orang sebab bentuknya yang kecil. Namun, karena bentuknya inilah yang membuat orang tidak hati-hati ketika meletakkan notebook. Apalagi jika notebook terjatuh atau terkena guncangan. Alhasil, notebook kesayangan anda pun akan menjadi rusak dan data-data penting di dalamnya menjadi hilang. Berikut ini adalah beberapa cara meletakkan notebook yang kurang tepat dan solusinya.

Meletakkan notebook di pangkuan paha anda dapat membuat aliran udara pada bagian bawah notebook menjadi terhambat. Sirkulasi udara yang tidak lancar dapat menimbulkan overheat, sehingga dapat merusak komponen-komponen penting yang lainnya. Selain itu, jika tidak hati-hati ada kemungkinan notebook anda akan terjatuh dari pangkuan.

Hal ini serupa dengan meletakkan notebook pada permukaan yang lunak, seperti sofa, tempat tidur ataupun karpet. Untuk mengantisipasinya, anda dapat menggunakan Fan Cooler untuk menyangga dan memperlancar aliran udara. Namun, hal ini tentunya akan mengurangi masa kerja dari baterai.

Hal yang terpenting lainnya adalah jaringan menjadikan notebook dan baterainya sebagai media penyangga beban. Ubahlah kebiasaan anda menaruh berbagai macam barang di atas notebook atau baterainya. Sebab, hal ini dapat membuat notebook menjadi tertekan oleh beban. Gunakanlah notebook secara bijaksana sesuai dengan fungsinya.

Jika anda salah meletakkan notebook seperti tertekan beban yang berat, jatuh, dan terkena guncangan, maka sirkuit di dalamnya akan korslet (hubungan singkat) yang dapat mengakibatkan overheat. Selain itu, data-data penting di dalam notebook juga dapat hilang.

Untuk mengantisipasinya, notebook Hewlet Packard memfasilitasi notebooknya dengan fitur HP ProtectSmart. Fitur ini berfungsi untuk memberikan proteksi terhadap hard drive. Cara kerjanya adalah, hard drive secara otomatis akan menghentikan putaran hard drive setelah mendeteksi adanya guncangan atau terjatuh secara tiba-tiba. Sistem ini ditujukan untuk mencegah terjadinya kehilangan berkas dan data penting anda.

Sumber : Kompas : 4 November 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong komentarnya, WAJIB !!!